Friday, July 10, 2015

Pantai Parangtritis - Pantai Di Jogja Paling Populer

admin Share:
Pantai Di Jogja - Pantai Parangtritis merupakan pantai di Jogja yang paling populer dikalangan wisatawan. Di pantai ini wisatawan tak perlu merasa bosan sebab ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari naik kuda, naik ATV, naik bendi, bermain layang-layang, hingga menyaksikan senja yang romantis.

Berwisata ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Parangtritis. Terletak di ujung selatan Yogyakarta, pantai yang sarat dengan mitos dan legenda ini memang menjadi pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan. Meskipun secara landscape tidak secantik pantai di Gunung Kidul yang memiliki hamparan pasir putih dan gugusan karang, Pantai Parangtritis tetap menjadi pantai paling ramai di setiap waktu.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memiliki garis pantai yang sangat panjang, menyatu hingga Pantai Parangkusumo, Pantai Depok dan pantai-pantai di sebelah barat lainnya. Konon pasir hitam yang berada di Pantai Parangtritis merupakan pasir yang berasal dari lereng merapi. Materiual vulkanik ini dibawa oleh aliran sungai opak. Di beberapa lokasi pasir ini berubah menjadi sand dune (gumuk pasir) yang indah dan menyerupai bentang alam padang gurun.

Guna menarik lebih banyak pengunjung, saat ini Pantai Parangtritis semakin mempercantik dirinya. Kini di hamparan pasir hitam Pantai Parangtritis dibangun sebuah ikon baru berupa tulisan Pantai Parangtritis berukuran sangat besar menyerupai Pantai Losari, Makassar. Tulisan tersebut tentu saja menjadi landmark baru sekaligus obyek foto yang indah.

Hal-hal Menarik Yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis tak perlu merasa bosan, sebab di pantai ini ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan selain bermain air dan berjalan kaki menyusuri garis pantai. Bagi wisatawan yang datang bersama anak-anak, di Parangtritis terdapat banyak kolam renang mini yang bisa digunakan untuk bermain air. Selain itu naik dokar atau bermain layang-layang bersama keluarga bisa menjadi pilihan.

Bendi di Pantai Parangtritis

Sedangkan bagi wisatawan muda yang ingin menguji adrenalin bisa menjajal permainan ATV, naik kuda, atau bermain Paralayang dari bukit Parangendog. Jika sedang musim hujan, di sebelah timur juga terdapat sebuah air terjun yang bisa didatangi. Bagi para fotografer, Pantai Parangtritis juga kaya akan spot hunting. Anda tidak hanya bisa mendapatkan foto landscape yang indah namun juga foto human interest yang kaya akan kisah.

Hal-hal Romantis yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Parangtritis

Ingin memberikan surprise untuk pasangan? Anda tak harus membooking restoran mewah untuk candle light dinner. Cukup kunjungi Pantai Parangtritis yang terletak di selatan Jogja dan lakukanlah hal-hal romantis berikut ini!

1. Melihat Senja Dari Landasan Paralayang di Bukit Parang Endog

Tak jauh dari bibir Pantai Parangtritis terdapat bukit bernama Parang Endog. Di bukit tersebut terdapat landasan paralayang yang terletak di pinggir tebing. Cobalah untuk mengajak pasangan Anda pergi landasan paralayang tersebut saat senja menjelang. Dari ketinggian ini wisatawan bisa melihat seluruh area Parangtritis. Pemandangan akan menjadi semakin indah dan romantis tatkala langit berubah warna dan mentari perlahan mulai tenggelam. Saat itu genggamlah tangan pasangan Anda. Momen ini pasti tak akan pernah kalian lupa.

Senja di Pantai Parangtritis

2. Berkuda Berdua

Di Pantai Parangtritis terdapat banyak persewaan kuda. Pilihlah 1 kuda yang besar dan ajaklah pasangan Anda untuk berkuda bersama. Meski Anda tidak bisa mengendalikan kuda itu bukanlah masalah, sebab akan ada pemilik yang menuntun kuda tersebut. Berkuda berdua menyusuri garis pantai sambil berbincang tentang banyak hal akan semakin memperkuat kualitas hubungan.

3. Bermain Layang-layang Bersama

Setua apapun manusia, naluri kanak-kanak itu pasti tetap ada. Jika pasangan Anda bukan orang yang jaim dan kaku, ajaklah dia untuk sejenak mengingat masa kecilnya dengan bermain layang-layang. Di Parangtritis terdapat penjual layang-layang, cukup pilih salah satu dan mulailah bermain bersama. Tawa yang tercipta pasti mampu mencairkan suasana.

Ilustrasi bermain layang-layang di Pantai Parangtritis

4. Berjalan Menyusuri Garis Pantai

Tips ini yang paling sederhana dan murah-meriah. Anda tak perlu mengeluarkan kocek untuk menyewa kuda atau menyewa layang-layang. Cukup gandeng pasangan Anda dan mulailah berjalan tanpa alas kaki menyusuri tepian pantai. Rasakan butiran pasir dan gelombang kecil yang membasuh kaki kalian. Jangan lupa, lengkapi momen ini dengan mengambil foto berdua. Meski sederhana, tapi ini akan menjadi hal menyenangkan.

5. Menikmati Jagung Bakar dan Teh Poci Diterangi Cahaya Teplok

Lelah berjalan-jalan dan bermain ombak, kini saatnya untuk beristirahat sejenak sebelum pulang. Menikmati jagung bakar dan teh poci hangat yang dijajakan simbok-simbok di pinggir pantai bisa menjadi pilihan. Cahaya teplok atau senthir yang menjadi satu-satunya penerangan bisa menambah romantis suasana.

Obrolan berkualitas, camilan yang lezat, suara debur ombak, cahaya senthir dan gemerlap bintang, semuanya adalah kombinasi sempurna yang menciptakan suasana romantis. Tak heran jika Pantai Parangtritis menjadi pantai di Jogja yang paling populer dan terkenal dikalangan wisatawan.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata pantai. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata pantai yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP